Minggu, 04 April 2010

Kamera Tangkap Meteor Hancur

NEW YORK--MI: Sebuah bola api terang yang menerangi langit di Alabama minggu lalu tertangkap oleh kamera NASA saat melesat di sebelah tenggara Amerika Serikat.

Bola api itu disebabkan oleh meteor seukuran bola sepak yang terbakar di atmosfer Bumi pada Jumat (19/3) pada 11.19 waktu setempat terbang di atas Alabama bagian barat. Dua kamera NASA di Marshall Space Flight Center, Huntsville, Alabama, mengambil gambar meteor terbakar menuju pada kehancuran.


"Nyalanya lebih terang daripada bulan sabit," kata Bill Cooke, pakar meteor di Marshall Center kepada SPACE.com dalam e-mail. "Massanya sekitar 10 kilogram dan berdiameter 20 cm. Ukuran yang layak!"

Meteor pertama kali tertangkap pada ketinggian sekitar 45,3 mil (72,9 km) dan terbakar habis saat masih sekitar 20 mil (32 km) di atas Bumi. Batu angkasa itu tidak cukup besar untuk menghasilkan meteorit yang selamat dari panas atmosfer Bumi hingga sampai ke tanah.

Meteor melesat di langit dengan kecepatan sekitar 42.500 mph (12 mil setiap detik) saat diambil kamera pelacak meteor di Marshall Space Flight Center, serta kamera serupa di Chickamauga, Georgia, yang juga dioperasikan oleh Marshall.

Cooke mengatakan dua kamera itu memungkinkan para ilmuwan untuk membandingkan berbagai pandangan dari bola api yang sama. Ini untuk melakukan pelacakan jalurnya di langit malam. Walaupun ada meteor lain yang terlacak di seluruh Amerika Serikat, sistem NASA di Marshall menggunakan pencatat waktu dan data global positioning satellite untuk mengkoordinasikan sejumlah bola api yang diamati. (OL-04)

0 komentar: